wisata candi yogyakarta
wisata candi yogyakarta

Menurut pokermania88 sedang bokek tapi hendak rekreasi? Uang cuma lumayan untuk melakukan pembelian bensin. Di dalam isi kantong tinggal sepuluh ribu untuk menunaikan parkir. Kepingin ke Candi Prambanan atau Ratu Boko namun kok tiket masuknya mahal, ya?

Jangan khawatir! Buat kamu-kamu yang suka jalan-jalan merasakan arsitektur zaman kuno yang tampak megah, sebagai berikut lima susunan candi yang dapat kamu kunjungi secara cuma-cuma tanpa perlu menunaikan tiket masuk atau retribusi. Tak butuh kaget andai kamu cuma butuh uang dua ribu rupiah untuk menunaikan parkir. Atau malah anda tidak perlumenerbitkan uang sepeser pun guna masuk ke sejumlah situs purbakalainilah ini.

Seiring berjalannya waktu, lokasi wisata sebagai berikut semakin ramai dan tidak sedikit pengunjung. Jika juga ditarik retribusi, melulu sekitar Rp2.000,00 – Rp5.000,00 saja. Itu juga dipakai untuk merawat dan merawat website purbakala yang langka ini. Murah bukan? Bahkan andai kamu sedang beruntung, dapat saja tak usah menunaikan serupiah pun!

1. Candi Plaosan
Candi Plaosan terletak di Padukuhan Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah unsur timur laut dari Candi Prambanan. Kompleks Candi Plaosan mempunyai dua candi utama, yakni Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Dinamakan Plaosan Lorsebab letaknya di sebelah barat, lor dalam Bahasa Jawa berarti barat. Plaosan Kidul terletak di sebelah selatan sebab kata kidul dalam Bahasa Jawa bermakna selatan. Jika anda telah puas mendatangi Candi Prambanan, tidak terdapat salahnya anda mampir ke Candi Plaosan untuk merasakan keindahan matahari tebenam. Cukup dengan menunaikan uang parkir selama dua ribu rupiah dan mengisi kitab tamu, anda sudah dapat menikmati kemegahan perpaduan arsitektur Hindu dan Budha dari Candi Plaosan. Menarik bukan?

2. Candi Banyunibo
Candi Banyunibo (dalam Bahasa Jawa berarti air jatuh menetes) adalahcandi Budha yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko, yakni di unsur sebelah unsur timur dari Kota Yogyakarta ke arah Wonosari. Secara administratif Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan. Candi Banyunibo sedang di tengah-tengah areal persawahan kepunyaan warga, sampai-sampai belum terlampau dikenal oleh wisatawan. Jika hendak menikmati pemandangan hijau persawahan yang menyejukkan mata, Candi Banyunibo adalahpilihan wisata yang menggoda. Hanya dengan menyebutkan namamu di kitab tamu, kamu dapat mengunjungi candi ini tanpa menerbitkan uang sepeser pun. Parkir? Gratis!

3. Candi Barong
Candi Barong terletak di perbukitan Batur Agung, tepatnya di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Dinamakan Candi Barong sebab adanya dekorasi kala pada masing-masing sisi tubuh candi. Hiasan tersebut serupa singa atau barong. Candi ini istimewa sebab letaknya di atas perbukitan yang mengakibatkan udaranya sejuk dan segar. Jika anda sedang mendatangi Candi Banyunibo, terdapat baiknya anda meluangkan waktu guna menjelajahi candi ini. Bagi anda yang biasa trek-ing, lebih baik memanjat bukit yang berada selama 200 meter ke arah barat dari Candi Banyunibo. Motormu dapat dititipkan di lokasi tinggal warga setempat, sampai-sampai kamu dapat berjalan melalui persawahan ke arah candi. Jika anda malas berlangsung kaki, kamu dapat mengambil jalan memutar lewat Prambanan. Bagaimana pemandangan matahari tenggelam dari candi ini? Jangan tanyakan! Kamu tentu terpesona.

4. Candi Sambisari
Candi bercorak Agama Hindu ini terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kalasan, Sleman. Kamu tidak bakal menyesal andai mengunjungi website Candi Sambisari sebab begitu eksotis. Dari kejauhan,terlihat hamparan rumput berwarna hijau yang mengungkung candi utama di tengah-tengahnya. Dulu, candi ini tertimbun di dalam tanah dan tidak sengaja ditemukan oleh petani. Oleh sebab itu, letak Candi Sambisari tidak sedang di atas tanah tetapi berada dalam suatu cekungan dengan kedalaman selama tujuh meter di bawah permukaan tanah. Hamparan hijau rumput yang menakjubkan bakal membuatmu kerasan bersantai-santai di Candi Sambisari. Cukup dengan menunaikan uang parkir selama dua ribu rupiah dan mengisi kitab pengunjung, anda sudah dapat menikmati candi yang cantik ini.

5. Candi Abang
Candi Abang terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Candi ini di bina sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi Abang berbentuk piramid, disebut Candi Abangsebab bangunannya diciptakan dari batu bata yang berwarna merah (abang dalam Bahasa Jawa berarti merah). Bentuk candi ini laksana bukit, sekarang tidak sedikit ditumbuhi rerumputan sampai-sampai dari jauh tampak laksana bukit kecil. Bentuknya yang laksana bukit di figur kartun Teletubbies membuat tidak sedikit orang menyebutnya sebagai bukit Teletubbies. Letak Candi Abang yang sedang di perbukitan mengakibatkan pemandangan di sekitarnya menjadi menarik.

Leave a Reply